Sekolah dasar membangun karakter awal, memberi warna dasar, guru dicontoh, bukan dimengerti, siswa diajari, bukan dihajar. Pintar haruslah bijak, berbuat tidak selalu berkata, Pendidikan adalah jiwa, pelajaran adalah bekal. Nilai bukanlah ujian, faham adalah tujuan. Enam tabiat luhur dasar kehidupan: rukun, kompak, kerjasama yang baik, jujur, amanah, sederhana.

27 October 2008

Undangan Teken Kontrak PTT via SMS

Beberapa hari yang lalu, sepulang dari sekolah, ada SMS masuk. Isinya mengatakan :"Teman-teman guru PTT harap datang pada hari Kamis, 6-11 ke Menza untuk tanda tangan kontrak baru. Harap datang tepat waktu. Jakarta Selatan jam 8-10."
Berita ini sebenarnya sudah akrab di handphone saya sejak beberapa tahun lalu. Kalau tahun kemarin, saya menanggapi dengan biasa saja. Tapi tidak kali ini.
Penyebabnya adalah karena berita yang ditunggu adalah undangan penandatanganan SK pengangkatan menjadi guru PNS, bukan lagi kontrak menjadi guru PTT. Bukankan pemberkasan telah dilakukan beberapa bulan yang lalu? Menunggu sekian lama, ternyata masih saja harus kontrak PTT yang akan ditandatangani.
Tapi rupanya memang sudah jadi gaya bicara orang jawa, 'masih untung' bila dibanding guru lain yang tidak/belum terikat kontrak PTT, atau masih guru honor sekolah. Jadi , ya sudahlah. Apa mau dikata. Yang terpenting sekarang adalah bagaimana bisa mengajar dengan baik, mendidik dengan benar, dan memberi contoh yang tepat bagi siswa-siswi di sekolah.
Lagi pula, inikan baru SMS, bukan surat resmi, siapa tahu surat resminya nanti berkata lain, yaitu undangan untuk menandatangani SK pengangkatan.

No comments: