Sekolah dasar membangun karakter awal, memberi warna dasar, guru dicontoh, bukan dimengerti, siswa diajari, bukan dihajar. Pintar haruslah bijak, berbuat tidak selalu berkata, Pendidikan adalah jiwa, pelajaran adalah bekal. Nilai bukanlah ujian, faham adalah tujuan. Enam tabiat luhur dasar kehidupan: rukun, kompak, kerjasama yang baik, jujur, amanah, sederhana.

23 April 2007

Mencari 200 ribu potong PPH

Hari ini baru saja saya menyelesaikan pengisian Form Usulan Guru Calon Penerima Subsidi Peningkatan Kualifikasi dan Form Usulan Tunjangan Fungsional Guru Non-PNS. Walaupun itu sebenarnya bukan wewenang saya, tapi ibu Kep.Sek meminta bantuan saya untuk mengisi form tersebut.
Sebenarnya bukan hal yang terlalu sulit, walau form dibuat dalam MsExcel yang tidak saya pahami , tetapi dengan bantuan bapaknya anak-anak semua bisa selesai.
Dari pengalaman ini , sangat terasa kebutuhan pengetahuan menggunakan paket Office untuk menyelesaikan tugas administratif.. Sehingga ketika berhadapan dengan prosedur administrasi yang memakai form    digital,tidak perlu meminta pertolongan  semua kerabat yang bisa komputer  agar dapat menyelesaikan tugas tersebut. alangkah hebatnya jika Dinas Pendidikan meningkatkan kemampuan adminstrasi para Kep.Sek dan guru dengan keterampilan komputer dulu, baru dibuatlah sistem komputerisasi dengan format isian digital.
Saat ini, tidak dapat dipungkiri, jangankan mengisi form digital, sedangkan untuk membuka filenya saja banyak Kepala SD maupun guru yang tidak bisa melakukannya. Bahkan tidak terkecuali guru-guru muda keluaran PGSD maupun STKIP yang memang jarang menggunakan komputer dalam kesehariannya.
Namun demi mendapatkan 200 ribu perbulan potong pajak PPH, maka semua ketidak tahuan harus ditembus. Apalagi bila Usulan subsidi untuk peningkatan kualifikasi alias beasiswa bisa terkabulkan. InsyaAlloh kursus komputer lagi pun akan ditempuh.
Semoga saja semua bisa berjalan baik. Aamiin ya Robbal 'alamiin.

No comments: