Sekolah dasar membangun karakter awal, memberi warna dasar, guru dicontoh, bukan dimengerti, siswa diajari, bukan dihajar. Pintar haruslah bijak, berbuat tidak selalu berkata, Pendidikan adalah jiwa, pelajaran adalah bekal. Nilai bukanlah ujian, faham adalah tujuan. Enam tabiat luhur dasar kehidupan: rukun, kompak, kerjasama yang baik, jujur, amanah, sederhana.

08 April 2007

Outing ke Museum Proklamasi



Ini adalah saat pertama saya mengajak anak didik belajar tentang mengunjungi museum. Kami berangkat menggunakan kendaraan pinjaman dari orang tua murid dan mobil mertua saya. Kebetulan mertua saya bekas kepala sekolah disekolah ini. Jadi tahu persis kemampuan orang tua muridnya. Sehingga biaya yang dikeluarkan bisa diminimalkan.
Dengan berpakaian olahraga, mereka tetap ceria. 
Dan yang jelas memudahkan saya membedakan dengan anak lainnya.
Karcis masuk mereka beli sendiri, artinya mereka belajar tertib antri. Dan mereka belajar berhitung berapa uang yang terpakai untuk kegiatan tsb.
Sayangnya, sesampainya di museum Proklamasi, kami hanya bisa melihat lokasi pembacaan Proklamasi. Sedangkan museumnya sendiri ternyata ditutup pada hari Sabtu. Hal yang terlewatkan saat merencanakan perjalanan. Ya maklum, tidak pakai panitia, yang ada hanya gotong royong untuk menyiapkan transportasi dan snack. Makan siang bawa sendiri-sendiri.
Bahkan untuk dokumentasipun terpaksa pakai kamera digital milik kantor suami.
Selanjutnya kami ke Planetarium di Taman Ismail Marzuki. Ini yang jadi pengalaman menarik buat mereka.
Yang pakai jilbab ditengah itu adalah anak saya. Biasa kan, kalau bu guru jalan-jalan, maka anaknya juga ikutan, bahkan suami juga ikut, nyopiri dan motret.

No comments: